Selasa, 11 Juni 2013

Cara Cepat Beradaptasi Di Lingkungan Baru


Cara Cepat Beradaptasi Di Lingkungan Baru




 Tak bisa dipungkiri, ketika seseorang memasuki lingkungan kerja yang baru akan ada masalah-masalah yang tak terduga akan muncul. Masalagh yang timbul tergantung pada level mana Anda akan masuk. Pada tataran level bawah atau staf biasanya tidak akan terlalu sulit. Namun pada tataran yang lebih tinggi biasanya lebih berpotensi menimbulkan masalah. Permasalahan yang mungkin timbul karena adanya perbedaan yang tajam pada masalah iklim kerja, baik itu disiplinnya, aura kompetisi, hingga suasana team work. Selain itu, adanya lingkungan sosial, kebijakan manajemen, perbedaan gaya kepentingan atasan, sarana prasarana kerja, sampai kejelasan tugas yang Anda terima bisa menimbulkan masalah. Yang fatal, ketika ada masalah yang berkaitan dengan masalah hubungan interpersonal dimana berkaitan dengan sikap dan karakter atasan, bawahan, kolega, yang tidak selalu welcome dengan orang baru. Lalu, bagaimana kita harus menyikapinya? Pada dasarnya memang kita harus bersikap layaknya diri sendiri, sejauh Anda yakin memiliki sikap dan kebiasaan yang positif. Selain itu, seseorang harus bisa menyikapi secara bijak permasalahan yang nantinya akan timbul. Diharapkan mereka bisa memilah-milah masalah tersebut dan jadikan sebagai pengalaman baru yang dapat diambil hikmahnya di kemudian hari. 

Tips cepat beradaptasi di lingkungan baru : 
>>Tunjukkan kesan baik dengan datang ke tempat kerja tepat pada waktunya.
 >>Jangan berpenampilan berlebihan atau berbeda jauh dengan lingkungan. 
.>>Tunjukkan sikap ramah dan antusiasme dalam berinteraksi dengan orang baru. 
>>Tunjukkan sikap kooperatif tanpa kehilangan sikap asertif. 
>>Dekati rekan-rekan yang menurut feeling Anda cukup ramah dan welcome.
 >>Prioritaskan untuk mendekati rekan kerja yang memiliki hubungan keterkaitan kerja.
>> Miliki sikap percaya diri dan keteguhan hati sehingga Anda tidak mudah dipermainkan.
>>Jangan malu bertanya kalau memang tidak tahu, tetapi juga jangan sok tahu. Namun sebaiknya jangan terlalu banyak bertanya supaya Anda tidak terkesan tidak tahu apa-apa. Anda tidak mau dianggap mengganggu konsentrasi kerja rekan Anda pastinya.

Sumber: www.sidoharjo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar